A Great Experience

9 Nov

Goodnight world 😉 Sorry untuk post yang kali ini serius dan lain dari biasanya.

Aku pengen menceritakan satu pengalaman kecil yang berharga. Aku mencoba kembali melihat aku, agamaku, hidupku, pola fikirku, dan aku pikir semuanya berkaitan. Yang pertama aku sadari adalah kegelisahan itu asalnya dari diriku sendiri. You know what, percaya nggak percaya, selain karena sudah ditanamkan bibit dari kedua orangtua, kakek kakekku juga, aku fikir aku memilih lingkungan yang tepat. Dari SMA perguruan islam RI sampai ke Universitas Islam juga. Apalagi waktu SMA itu aku udah ngerantau dari orangtua, aku bersyukur karena aku diberi kepercayaan untuk sekolah diluar sejak SMA, dan aku lebih bersyukur karena sampai saat ini aku masih bisa menjaga kepercayaan yang diberi kedua orangtuaku dengan sangaaaaaat baik. Pokoknya Esa sayang banget deh sama Papi sama Mama :*

Dan, keajaiban yang aku dapetin nggak jauh – jauh kok sama cerita – cerita orang yang lain, yang tadinya bikin aku bertanya – tanya, ah masa sih? ajaib ya? keren juga begitu.. Ya, aku denger hal begini berkali – kali ada yang dari guru – guruku di SMA, dan juga beberapa bulan terakhir dari beberapa dosen yang ngajar. Merasa ditampar banget sama ke-ngotot-an kepala aku nih yang rada – rada gak nurut sama hati. Beberapa peristiwa yang kualamin bakal aku ceritain nih. Aku tuh rada lama kemarin lagi kesel banget sama seorang “manusia random”, malahan aku sempet ngegerutu gini, Idih tuh anak, kudu amat ketemu tiap pagi bikin bete deh, eh tiba – tiba di sebuah account twitter yang aku follow ada yang nge-tweet begini, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu” dan itu adalah arti dari ayat 216 surah Al Baqarah yang arti lebih jelasnya, “Banyak sekali kewajiban yang tidak disukai justru membawa kebaikan bagimu dan banyak yang kamu suka justru membawa bencana bagimu” Wallahualam. Itu teguran banget. Terus malemnya lagi santai aku ditampol lagi sama tweet dari seorang trainer yang bunyinya begini, Hadirkan maaf agar tidurmu nyenyak, berat tapi mencerahkan.. Subhanallah. Dua tweet itu bikin aku senyum pas malem – malem sebelum bobo. Lucu ya ditegurnya jadi Jleb Moment gini.

Terus beberapa hari kemudian, aku itu ngegerutu lagi, tau ih lama – lama aku kesel sama nih otak doyan amat ngegurutu sendiri, aku fikir aku sia – sia baik sama orang, toh orangnya juga nggak baik sama aku, eh lagi – lagi aku ketemu tulisan yang bikin Jleb, tulisannya begini, “Jangan meremehkan sekecil apapun kebaikan, karena kita tidak tahu kebaikan mana yang Allah suka” dan ngecek timeline ada yang isinya begini “Masih ada Allah yang memiliki rencana dan kuasa atas segalanya” Aku tuh langsung ngomong sendiri begini, Malu banget kali kamu sa, kamu gerutu dalem ati juga kedengeran ama Yang Di Atas.

Terus kemaren aku tuh lagi ngiler sama barang di online shop, karena lagi nahan diri buat hemat nih, sampe mikir banyak banget nih cabang – cabangnya, pengen buruan dapet duit. Tiba – tiba di sebuah drama di tv yang aku nonton dialognya begini, “Inget, uang tidak bisa membayar atau menggantikan hukum Allah” Hal refleks yang aku lakuin adalah ketawain diri sendiri saat itu juga.

Sejak beberapa hal tersebut kejadian, aku tuh mulai mikir, gimana caranya biar aku tuh stabil dan justru meningkat kerohaniannya, momma, i need you, gimme a kultum by phone please.. Dan aku telepon mama, yaaah, dapet lebih banyak pencerahan, terus diingetin biar rajin ngaji lagi jangan lupa baca terjemahannya, biar lama asal selamet. Terus aku diingetin sama doa yang sering mama lantunin, “Rabbana latuzigqulu banaa ba’daiz hadaytana wahablana milla dunka rahmah ( Ya Tuhan kami, janganlah digeserkan hati kami setelah Engkau memberi petunjuk pada kami. Limpahkanlah kepada kami Rahmat dari-Mu)”

Sampe ujungnya, aku lagi gemes banget sama suatu kompetisi penulisan ilmiah, pengen buruan kelar, pengen nggak ada revisi – revisian, pengen buruan dikirim, tapi tuh namanya usaha nggak ada yang mulus, kesel sebel bete males cape jadi satu, dan di sela – sela itu lagi – lagi aku ditunjukin doa singkat, “Allahuma yassir wa laa tu’assir (Ya Allah mudahkanlah, jangan dipersulit)” Ditambah dosen yang pagi itu sampein suatu kisah yang ujungnya bilang, “Jadi mbak, mas, kalau dikasih ujian kesabaran dari Allah itu tandanya Allah masih sayang sama kita, jangan ngeluh makanya.” Jleb. Jleb. Jleb.

Well, dari banyak teguran itu akhirnya aku menyadari apa yang jadi sumber kegelisahan di aku, dan itu adalah ngegerutu dan ngeluh. Ini tuh pelajaran banget, mungkin kalau aku nggak ditunjukin dan nggak ditegur dengan yang seperti aku ceritain sebelumnya, aku masih tetep aja begitu. Tapiii.. Insyaallah, apapun yang ingin aku perbaiki ituuu diberkahi dan bisa berubah deh. Amin Amin Ya Rabb. Ya udah deh itu aja.

Goodnite buddy {} Wassalam.

Tinggalkan komentar